“Adabul Alim wal Muta’allim: Merajut Etika Belajar-Mengajar dalam Bingkai Keislaman”

Kitab “Adabul Alim wal Muta’allim” adalah sebuah karya monumental yang ditulis oleh ulama besar, KH Hasyim Asy’ari. Kitab ini merupakan panduan penting tentang etika dan tata cara belajar dan mengajar dalam tradisi keilmuan Islam.

Dalam kitab ini, KH Hasyim Asy’ari menguraikan secara rinci tentang bagaimana seharusnya sikap dan perilaku seorang murid dan guru dalam proses pembelajaran. Beliau menekankan pentingnya kerendahan hati, kesungguhan, dan keikhlasan dalam menuntut ilmu, serta menghargai dan menghormati guru sebagai sumber ilmu.

Tulisannya yang padat dan mendalam ini, bukan hanya menggambarkan betapa besarnya pengetahuan beliau, tetapi juga memberi kita wawasan tentang bagaimana seorang murid dan guru seharusnya berinteraksi. Bukan hanya sekedar transfer pengetahuan, tetapi juga transfer nilai-nilai moral dan etika yang baik.

Salah satu bagian yang paling menarik dari kitab ini adalah ketika KH Hasyim Asy’ari membahas tentang pentingnya belajar untuk kebaikan, bukan hanya untuk keuntungan dunia. Beliau berpendapat bahwa ilmu yang dihasilkan dari belajar dengan niat yang benar akan membawa keberkahan dan manfaat yang lebih besar, baik di dunia maupun di akhirat.

Secara keseluruhan, “Adabul Alim wal Muta’allim” adalah buku yang sangat berharga dan harus dibaca oleh siapa saja yang berkecimpung dalam dunia pendidikan, khususnya pendidikan Islam. Kitab ini tidak hanya memberikan panduan tentang cara belajar dan mengajar yang baik, tetapi juga memberikan kita pemahaman yang lebih dalam tentang nilai-nilai dan etika dalam menuntut ilmu.

Sebagai penutup review ini, adalah kutipan yang sangat berarti dari kitab ini: “Barangsiapa yang belajar dengan ikhlas, ilmunya akan membawa dia ke surga. Tetapi barangsiapa yang belajar dengan niat buruk, ilmunya akan membawa dia ke neraka.” Ini adalah peringatan yang kuat dan jelas tentang pentingnya niat dan etika dalam menuntut ilmu.


Eksplorasi konten lain dari Khoiruna Edukasi

Mulai berlangganan untuk menerima artikel terbaru di email Anda.

Tinggalkan Balasan

Eksplorasi konten lain dari Khoiruna Edukasi

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca