Air Kelapa dan Manfaat nya

“Sehat sekarang itu ‘Mahal’, maka jaga Kesehatan mu sebelum Sakitmu.”

15 Manfaat Minum Air Kelapa Saat Hamil

Anda mungkin sering mendengar nasehat tentang berbagai makanan dan minuman yang disarankan untuk ibu hamil.

Salah satu yang paling populer adalah air kelapa muda. Banyak orang percaya, konsumsi air kelapa muda dapat membuat bayi yang dilahirkan nantinya putih bersih.

Namun, kebenaran hasil dari minum air kelapa selama kehamilan yang membuat kulit bayi putih bersih belum terbukti.

Meski begitu, minum air kelapa selama kehamilan memiliki banyak manfaat. Setidaknya ada 15 manfaat kesehatan yang dapat ibu hamil rasakan dengan minum air kelapa.

1. Hidrasi alami

Dikutip dari Healthline, air kelapa mengandung sekitar 95 persen air dari sumber yang terpercaya dan murni. Ini membuat air kelapa pilihan yang tepat selama kehamilan.Kandungan ini membuat air kelapa sebagai sumber hidrasi yang baik.

2. Diuretik alami

Menurut Mom Junction, air kelapa adalah diuretik alami. Ini meningkatkan keinginan untuk buang air kecil karena adanya kalium, magnesium, dan mineral lainnya.Kandungan tersebut membantu membuang racun dan membersihkan saluran kemih. Menurut studi yang terbit dalam jurnal BioMed Research International tahun 2018, sifat antilitogenik dari air kelapa ini dapat mencegah batu ginjal dan infeksi. Dengan kata lain, sifat tersebut juga memainkan peran penting dalam pencegahan infeksi saluran kemih sehingga menurunkan kemungkinan persalinan prematur.

3. Mengandung elektrolit esensial

Selama kehamilan, kebutuhan elektrolit meningkat karena berbagai kondisi seperti mual dan diare. Kondisi tersebut sering membuat tubuh dehidrasi. Apalagi jika ibu mengalami hiperemesis gravidarum atau rasa mual ekstrem. Tubuh ibu akan mengalami kekurangan elektrolit akibat muntah berlebihan. Kabar baiknya, air kelapa memasok semua elektrolit esensial yang dibutuhkan ibu hamil seperti mineral, natrium, kalsium, kalium, dan fosfor Kandungan elektrolit ini dapat menenangkan tubuh dan memberikan energi.

4. Mengontrol tekanan darah

Selain menenangkan tubuh dan memberi energi, elektrolit juga mendukung menjaga tingkat pH tubuh Anda dan mengontrol tingkat tekanan darah.Tekanan darah tinggi bisa menjadi kondisi yang berbahaya bagi ibu dan janin dalam kandungan karena dapat memicu kondisi preeklamsia, kelahiran prematur, dan lain sebagainya.Untuk mengontrol tekanan darah selama kehamilan, air kelapa dapat menjadi pilihan yang cerdas. Kandungan potasium dapat membantu mengatur aliran dan tekanan darah.

5. Meredakan mulas dan sembelit

Perubahan hormon selama kehamilan dapat menyebabkan beberapa masalah seperti mulas, sembelit, dan gangguan pencernaan.Konsumsi air kelapa dapat membantu meredakan berbagai kondisi tersebut. Itu karena landungan serat makanan yang cukup banyak pada air kelapa dapat membantu memperkuat sistem pencernaan, memperlancar pencernaan, mengatur kadar pH, dan mencegah sembelit.

Pengobatan Ayurveda bahkan menganggap air kelapa yang lembut sebagai pencahar potensial.Air kelapa dianggap dapat meningkatkan metabolisme dan mendukung detoksifikasi tubuh Anda. Air kelapa adalah penetral asam alami sehingga dapat mencegah mulas.

6. Memerangi infeksi

Air kelapa memiliki banyak vitamin, mineral esensial, dan antioksidan, yang meningkatkan kekebalan tubuh.Dengan kata lain, air kelapa dapat memberi manfaat untuk bertahan dari infeksi. Apalagi air kelapa juga mengandung asam laurat, asam lemak yang bertanggung jawab untuk produksi senyawa antimikroba monolaurin yang kuat.

7. Mendukung menjaga kesehatan jantung

Tingkat elektrolit yang rendah meningkatkan tekanan darah. Minum air kelapa dapat membantu meningkatkan kadar kalium, magnesium, dan asam laurat, yang dapat membantu mengatur tekanan darah. Selain itu, air kelapa juga meningkatkan kolesterol baik dan memerangi kolesterol jahat. Hal ini merupakan kondisi penting untuk menjaga kesehatan jantung.

8. Membantu menjaga berat badan yang sehat

Air kelapa bebas lemak dan rendah kalori. Ini membuat minuman segar tersebut dapat menjadi pilihan jika Anda tidak ingin mengalami lonjakan berat badan selama kehamilan.

9. Air kelapa dapat membantu mencegah berat badan naik terlalu banyak selama kehamilan dengan mengontrol total konsumsi kalori dan mengendalikan rasa lapar.

Apalagi, air kelapa adalah minuman alami lezat yang bebas dari perasa buatan atau komponen berbahaya. Selama kehamilan, dehidrasi tidak jarang terjadi. Anda dapat memilih air kelapa karena dapat memuaskan dahaga dan menyegarkan Anda tanpa menambahkan zat berbahaya ke tubuh Anda.

10. Rehidrasi setelah berolahraga

Setelah berolahraga, tentu rasanya ingin minum minuman yang menyegarkan. Untuk hal ini, air kelapa bisa menjadi pilihan selain dengan menenggak air putih. Meskipun memiliki manfaat hidrasi yang sama dengan air putih, air kelapa menawarkan kandungan lain yang lebih lengkap. Air kelapa adalah minuman isotonik alami, yang membantu merehidrasi dan memasok energi saat Anda mengalami dehidrasidan kelelahan. Hidrasi juga dianggap meningkatkan elastisitas kulit, oleh karena itu membatasi stretch mark yang berkembang selama kehamilan.

11. Kandungan gula rendah

Selama hamil, banyak ibu mengeluhkan rasa lemas dan lesu. Namun, mengonsumsi minuman berenergi yang dijual di swalayan bukan pilihan yang baik karena kadar gulanya yang tinggi. Dibanding minuman berenergi, Anda bisa meminum air kelapa. Seratus gram air kelapa mengandung 2,1 gram gula, yang lebih rendah dari minuman berenergi. Ini tidak akan menambah berat badan saat hamil. Bahkan dapat menjadi diet rendah gula sederhana akan menurunkan risiko terkena diabetes gestasional.

12. Dapat membantu pertumbuhan janin

Beberapa peneliti telah menemukan bahwa air kelapa muda mengandung senyawa aktif biologis tertentu dan faktor pemacu pertumbuhan. Selain itu, air kelapa juga menawarkan semua nutrisi penting untuk ibu yang dipercaya dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan janin.

13. Meningkatkan kadar cairan ketuban

Air kelapa sangat baik diminum terutama pada trimester ketiga kehamilan. Menurut Coconut Bible yang diterbitkan UCLA, air kelapa dapat meningkatkan kadar cairan ketuban dan meningkatkan volume dan sirkulasi darah.

14. Meredakan asam lambung

Asam lambung saat hamil dapat menjadi hal yang menyebalkan sekaligus menyakitkan. Apalagi saat kehamilan, hormon progesteron dapat melemaskan katup perut sehingga cairan lambung dapat naik hingga kerongkongan dan menyebabkan ketidaknyamanan. Pada beberapa wanita hamil konsumsi air kelapa disebut dapat meredakan asam lambung yang naik. Sayangnya, belum ada bukti ilmiah yang mendukung pendapat ini.

15. Perlindungan keseluruhan

Sebuah studi menemukan bahwa air kelapa selama kehamilan memberikan perlindungan terhadap perubahan yang disebabkan oleh pola makan tinggi lemak ibu. Hal ini penting karena telah dibuktikan dalam berbagai penelitian bahwa pola makan ibu berdampak pada pertumbuhan dan perkembangan janin.Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memvalidasi penggunaan klaim tersebut.

Semoga bermanfaat

Sumber: Healthline,momjunction, kompas health

Tinggalkan Balasan

Kembali ke Atas
%d blogger menyukai ini: