Belajar Projek Kewirausahaan

Program kewirausahaan dimaksudkan sebagai salah satu upaya memberi bekal kepada peserta didik agar mereka memahami konsep kewirausahaan, memiliki karakter wirausaha, mampu memanfaatkan peluang, dan mendapatkan pengalaman langsung berwirausaha, serta terbentuknya lingkungan sekolah yang berwawasan kewirausahaan.

HAL YANG HARUS DIPERHATIKAN SEBELUM MEMULAI PROJEK

  • Pengetahuan, keterampilan, dan sikap kewirausahaan yang dibangun pada tema ini adalah hal penting yang dibutuhkan bagi pengembangan kompetensi peserta didik di masa kini dan masa depan.
  • Peran aktif sekolah dalam membina hubungan dengan pemerintah, organisasi, dan wirausahawan daerah agar dapat menjadi partner dalam pelaksanaan program kewirausahaan. Hal ini penting karena para peserta didik perlu mendapat ragam pengalaman dan informasi dari dunia nyata. Bentuk kerjasama yang dapat dilakukan adalah: temu ahli, wawancara, diskusi, kunjungan, workshop atau magang, pendampingan, dan kegiatan lainnya yang mendukung.
  • Komitmen seluruh warga sekolah untuk menerapkan nilai-nilai penting kewirausahaan dan memberikan ruang bagi peserta didik untuk membangun: kreativitas, kemandirian, kemampuan bekerja sama, dan berintegritas. Hal ini tidak terbatas diterapkan pada jam mata pelajaran Kewirausahaan saja, tapi dilaksanakan pada bidang lainnya.
  • Menyiapkan waktu khusus yang dikoordinasikan dengan seluruh guru mata pelajaran, jika akan ada hari yang dipakai untuk kunjungan, observasi, unjuk karya atau lainnya agar seluruh kegiatan belajar mengajar tetap berjalan dengan baik.
  • Menjadikan Projek Kewirausahaan sebagai Pendukung dan Pengembang Kearifan Lokal sehingga pelaksanaan Projek ini dapat menjadi integrasi yang menyeluruh, bermanfaat, dan berkesinambungan bagi banyak pihak.

selengkapnya lihat disini :

Tinggalkan Balasan

Kembali ke Atas
%d blogger menyukai ini: