Inovasi Pembelajaran – Mengevaluasi Informasi (Evaluating Information)

Metode mengevaluasi informasi membuka wawasan peserta didik bahwa pengetahuan bersifat kompleks dan memiliki sudut pandang yang beragam, berasal dari berbagai sumber, serta berkembang dari waktu ke waktu. Siswa juga berlatih memberikan apresiasi bahwa suatu sumber dapat menjelaskan lebih jelas atau lebih baik dibanding yang lain serta berlatih membedakan antara argumen yang disampaikan dengan baik (good arguments) dengan argumen yang dapat dipercaya (reliable evidance) karena didukung dengan data dan fakta yang dapat dipercaya.

Metode ini dilaksanakan dengan memberikan tugas kepada siswa untuk mencari informasi yang berasal dari berbagai sumber, misalnya diminta mencari informasi terkait kasus populer yang menjadi pro dan kontra atau menjadi perbincangan hangat di masyarakat yang terjadi di masa lalu (misalnya, apakah bumi datar atau bulat); atau suatu kejadian yang memiliki berbagai sumber informasi (misalnya data hitung cepat pemilihan umum oleh berbagai sumber, pemanasan global, polusi, urbanisasi, cara menyembuhkan dari paparan COVID-19); kemudian siswa bekerja dalam kelompok untuk menetapkan kriteria dalam menilai informasi (misalnya melalui Microsoft Teams, Slack, atau aplikasi daring lainnya; siswa mencari, berbagi, menelaah informasi dan berdiskusi untuk membuat kesimpulan; selanjutnya guru mencari tahu keberhasilan belajar mereka (misalnya dengan menggunakan kuis daring seperti Kahoot, Mentimeter, atau aplikasi daring lainnya), atau meminta siswa agar masing-masing membuat pertanyaan yang relevan dengan yang dipelajari, atau meminta semua siswa di kelas daring untuk mengajukan pertanyaan; dan guru memotivasi siswa bahwa mencari informasi yang benar begitu menantang dibanding percaya begitu saja terhadap opini dari sesama teman atau suatu cerita atau pemberitaan yang disampaikan dengan baik namun tidak didukung dengan data dan fakta yang meyakinkan, serta manfaatnya bagi masing-masing individu dalam menghadapi opini yang berbeda-beda dan harus menentukan mana yang dapat dipercaya.

Tinggalkan Balasan

Kembali ke Atas
%d blogger menyukai ini: