Inovasi Pembelajaran – Pembelajaran Inkuiri Personal (Personal Inquiry Learning)

Metode Pembelajaran Inkuiri Personal merupakan metode pembelajaran yang melibatkan siswa mengadakan eksplorasi secara aktif untuk menjawab suatu pertanyaan yang sesuai dengan minatnya. Dalam penerapan metode ini siswa mengen- dalikan sepenuhnya proses pencarian jawaban. Siswa dapat menggunakan perangkat teknologi seperti telepon genggam (berfungsi untuk pencatatan waktu, kalender, kamera, rekaman suara dan video, kalkulator, teks) sebagai alat bantu dalam proses inkuiri. Proses inkuiri bisa diawali dengan pendampingan guru ketika siswa tersebut sedang dalam proses perumusan masalah kemudian dilanjutkan oleh siswa untuk mengadakan pengumpulan data yang ada di sekitar lingkungan tempat tinggalnya dan diakhiri dengan mempresentasikan hasil pencarian jawaban dari inkuiri yang dilaksanakan di depan guru atau di depan kelas maya.

Keberhasilan proses belajar yang menggunakan metode ini berada pada rasa kepemilikan siswa terhadap proses inkuiri. Karena itu siswa perlu menguasai proses berpikir dalam pencarian pengetahuan. Siswa perlu memiliki kecakapan dalam merumuskan pertanyaan ilmiah; perlu menguasai karakteristik inkuiri yang valid; cara menentukan sumber informasi yang dapat dipercaya yang akan dapat memberikan informasi secara ilmiah; cara mendapatkan data yang dapat dipercaya; kegunaan memiliki data yang dapat dipercaya; cara menganalisis dan mempresentasikan data; dan cara membahas hasil inkuiri dengan teman sekelas. Hasil belajar dapat berupa poster, serial gambar- gambar, percakapan telpon yang disampaikan kepada guru melalui video conference secara langsung ataupun berupa laporan yang dikirim melalui email kepada guru. Siswa juga diminta untuk mengadakan refleksi diri seperti hal-hal apa yang sudah dapat dipelajari; pengalaman belajar apa yang diperoleh; apa yang akan terjadi selanjutnya. Bagi teman-teman di kelasnya, proses refleksi dapat dikaitkan dengan pengalaman masing masing siswa yang memaparkan hasil inkuiri. Gambar 3.3 me- nunjukkan Proses Inkuiri Personal.

Inkuiri Personal juga dapat dilakukan dengan menggabung- kan diri kepada komunitas inkuiri. Contohnya, laman: https://nquire.org.uk/ (Laman nQuiri ini berisi topik-topik inkuiri yang terbuka menerima partisipasi dari manapun yang sesuai dengan topik inkuiri yang telah ditentukan oleh pengelola laman tersebut, misalnya topik inkuiri tentang penyerbukan tanaman yang mana peserta dapat mengirimkan foto serangga yang sedang hinggap di putik bunga yang membawa serbuk sari antar tanaman sehingga memungkinkan terjadinya pembuahan dan juga mengirimkan berbagai jawaban pertanyaan seperti jenis-jenis serangga apa saja, bagaimana mereka melakukan penyerbukan, di mana mereka sering dijumpai). Sebagaimana pada Gambar 3.4 kegiatan inkuiri personal ini diikuti 7.687 orang. Pada laman https://www.ispotnature.org/ berisi berbagai informasi tentang hasil observasi yang diunggah oleh anggota yang berasal dari manapun, misalnya tentang bunga Echium vulgare yang sensitif terhadap herbisida. Gambar 3.4 menunjukkan laporan inkuiri personal.

Tinggalkan Balasan

Kembali ke Atas
%d blogger menyukai ini: