Inovasi Pembelajaran – Pembelajaran Konteks (Contextual Learning)

Konteks merupakan situasi lingkungan yang melatarbelakangi munculnya suatu kejadian ataupun gagasan. Metode pembelajaran berdasar konteks memungkinkan siswa dengan mengaitkan antara tempat, kejadian, dan pengalaman. Siswa mengaitkan dan meresapi informasi baru terkait tempat dan waktu kejadiannya dengan hal-hal yang sudah diketahui. Dengan demikian siswa akan dapat melaksanakan proses pemahaman dan menghubung-hubungkan relevansinya dengan pengetahuan yang sudah dimiliki serta menarik makna terkait konteks tersebut.

Dalam pembelajaran di kelas, konteks memiliki keterbatasan karena ada sekat ruang belajar dan waktu atau jadwal pelajaran. Dalam pembelajaran di luar kelas, pembelajaran konteks memiliki sumber yang sangat luas. Seiring kemajuan teknologi, hal-hal yang ada di luar kelas yang menjadi sumber konteks telah dapat disediakan di buku modern yang menggunakan virtual reality (VR), augmented reality (AR), ataupun mix reality (MR). Dengan menggunakan marker, siswa dapat mengakses bahan belajar tiruan dari dunia riil ke dunia maya. Sebagai ilustrasi, untuk dapat merasakan keadaan atau suasana masa lampau, hal-hal yang ada di museum dapat disediakan dalam buku yang dilengkapi AR, VR, ataupun Mix Reality.

Selain dapat digunakan untuk merasakan konteks masa lampau, AR, VR, Mix Reality juga dapat digunakan untuk membuat konteks agar dapat merasakan secara mendalam terhadap situasi yang sedang dipelajari dengan terhindar dari risiko keselamatan, resiko kesehatan, ataupun risiko kerusakan terhadap hal yang dipelajari. Sebagai contoh, penggunaan AR, VR, Mix Reality dalam simulasi pemadaman kebakaran, berlatih menerbangkan pesawat, atau berlatih membongkar komponen- komponen pada mesin mobil bisa menjadi konteks yang diciptakan agar orang yang belajar benar-benar merasakan keadaan objek yang dipelajari sehingga yang bersangkutan menjadi lebih siap ketika berhadapan dengan keadaan yang nyata. Berikut ini contoh tampilan Augmented Reality. Gambar 3.8 menunjukkan contoh Augmented Reality.

Konteks dapat diciptakan dengan mengadakan interaksi terhadap lingkungan, mengadakan percakapan, memodifikasi situasi lingkungan, melaksanakan eksplorasi dunia sekitar. Pembelajaran berdasar konteks akan berjalan dengan lancar ketika guru memberikan panduan atau rambu-rambu serta instrumen yang diperlukan untuk menangkap informasi yang diperoleh dari lingkungan atau sumber konteks. Dengan panduan dan instrumen siswa akan memahami makna yang diperoleh dari konnteks. Sebagail ilustrasi, ketika siswa diminta mengunjungi laboratorium maya tentang museum, siswa diminta mencatat informasi yang terkait dengan waktu atau situasi terjadinya dan tempat kejadiannya serta menuliskan informasi tentang makna dari kejadian tersebut.

Dalam dunia maya, berbagai contoh tentang materi pendukung Pembelajaran Konteks dapat ditemukan antara lain di:

a. https://elite-dangerous.fileplanet.com/ (Edu-game Elite Dangerous berisi permainan simulasi sebagai penerbang; bisa diunduh gratis);

b. https://appreal-vr.com/ (contoh Virtual Reality di berbagai sektor);

c. https://www.microsoft.com/en-us/p/airplane-flight-pilot-simulator/9nblggh6gnft?activetab=pivot:overviewtab (Berisi permainan edukatif Airplane Flight Simulator untuk Window; dapat diunduh gratis);

d. https://www.microsoft.com/en-us/p/truck-driver-job/9nblggh1xxcl?activetab=pivot:overviewtab (berisi permain-an edukatif Driver Job untuk Window; dapat diunduh gratis);

e. https://www.microsoft.com/en-us/p/offroad-construction-simulator-3d-heavy-builders/9nblggh699jb?activetab=pivot:overviewtab (berisi permainan edukatif Offroad Construction Simulator untuk Window; dapat diunduh gratis);

f. https://www.microsoft.com/en-us/p/off-road-tourist-bus-driving-mountains-traveling/9nblggh20bjd?activetab=pivot:overviewtab (berisi permainan Off Road Tourist Bus Driving Mountains Traveling; untuk Window; dapat diunduh gratis);

g. https://www.microsoft.com/en-us/p/vr-soccer-wall/9pnxr30dwng0?cid=msft_web_collection&activetab=pivot:ove rviewtab (berisi Virtual Reality Soccer Wall; Window; dapat diunduh gratis)

h. https://www.microsoft.com/en-us/p/machine-hunter-mixed-reality-game/9n1rgmlgh6k6?cid=msft_web_collection&activetab=pivot:overviewtab (berisi Mix Reality permainan Machine Hunter Game; untuk Window; dapat diunduh gratis).

i. Dengan menginstal Ekspedisi di Google Playstore, orang yang belajar dapat merasakan naik ke puncak gunung Everest.

Tautan berikut ini berisi berbagai sumber belajar di bidang Arts and Culture dengan teknologi VR yang lebih terkini (Johnson- Glenberg, 2018) yang dapat diakses secara gratis:

a. https://artsandculture.google.com/.

b. Tautan berikut ini berisi ekspedisi melalui Virtual Reality: https://www.aquilaeducation.com/virtualrealityclassroom. Adapun tata cara unduh tersedia pada tautan: https://support.google.com/edu/expeditions/answer/7271183?hl=en&ref_topic=6334250.

c. Pada tautan berikut ini peserta didik dapat menjelajahi museum seni Katsushika Hokusai di distrik Honjo, Edo, Jepang: https://artsandculture.google.com/explore; https://artsandculture.google.com/asset/south-wind-clear-dawn-katsushika-hokusai/BAEfOt5F2LogbA.

d. Melalui Playstore di mobile phone, media pembelajaran pendukung juga dapat diunduh misalnya permainan ekspedisi.

e. Pada tautan ini terdapat 987 jenis-jenis Ekspedisi Augmented Reality dan Virtual Reality yang diproduksi oleh Google: https://docs.google.com/spreadsheets/d/1uwWvAzAiQDueKXkxvqF6rS84oae2AU7eD8bhxzJ9SdY/edit#gid=0.

f. Pada tautan berikut terdapat lebih dari 500 ekspedisi Virtual Reality yang diproduksi Google yang dapat digunakan secara gratis: https://sites.google.com/tcsnc.org/tcs-g-expeditions/google-expeditions-app.

Berikut ini contoh Ekspedisi melalui Virtual Reality. Gambar 3.9 menunjukkan contoh VR (tersedia di Play Store HP Android); Gambar 3.10 contoh salah satu Virtual Reality yang dapat diun- duh di Microsoft secara gratis; Gambar 3.11 contoh salah satu VR.

Sumber: Mengajar Generasi Z

Tinggalkan Balasan

Kembali ke Atas
%d blogger menyukai ini: