“Tafsir Al-Misbah: Menyibak Makna Al-Quran dengan Pendekatan Kontekstual ala KH. Quraish Shihab”

Resensi Kitab Tafsir Al-Misbah Karya Quraish Shihab

Kitab “Tafsir Al-Misbah” merupakan salah satu karya monumental dari Prof. Dr. M. Quraish Shihab, seorang cendekiawan Muslim Indonesia yang terkenal. Kitab ini menampilkan tafsir Al-Quran yang komprehensif, mendalam, dan kontekstual, menjadikannya salah satu referensi utama bagi para pembaca yang ingin memahami makna Al-Quran secara lebih luas dan mendalam.

Isi dan Struktur
Kitab ini terdiri dari 15 jilid yang mencakup tafsir dari seluruh ayat dalam Al-Quran. Setiap jilid disusun secara sistematis, dimulai dengan pengantar yang memberikan latar belakang konteks historis dan asbabun nuzul (sebab-sebab turunnya ayat), diikuti oleh tafsir ayat per ayat yang dijelaskan dengan bahasa yang mudah dipahami namun tetap menjaga kedalaman makna.

Kekuatan dan Keunggulan
Salah satu keunggulan “Tafsir Al-Misbah” adalah pendekatannya yang kontekstual. Quraish Shihab tidak hanya menjelaskan makna teks secara literal, tetapi juga mengaitkannya dengan kondisi sosial, budaya, dan ilmu pengetahuan kontemporer. Ini menjadikan tafsirnya relevan dan aplikatif dalam kehidupan sehari-hari. Beliau juga kerap menggunakan pendekatan tematik untuk menggali makna yang lebih dalam dari ayat-ayat tertentu, membantu pembaca untuk melihat hubungan antar ayat dalam satu tema besar.

Bahasa dan Penyajian
Quraish Shihab menggunakan bahasa yang lugas dan komunikatif. Meskipun demikian, beliau tetap menjaga kedalaman ilmiah dari tafsirnya dengan mengutip berbagai sumber klasik dan modern. Selain itu, “Tafsir Al-Misbah” juga dilengkapi dengan berbagai catatan kaki yang memberikan referensi tambahan bagi pembaca yang ingin menggali lebih dalam.

Kontribusi dan Pengaruh
“Tafsir Al-Misbah” telah menjadi salah satu rujukan penting dalam studi Al-Quran di Indonesia dan negara-negara berbahasa Melayu. Karya ini tidak hanya digunakan oleh kalangan akademis, tetapi juga oleh masyarakat umum yang ingin memahami Al-Quran dengan lebih baik. Keberanian Quraish Shihab dalam menyajikan tafsir yang inklusif dan moderat juga telah memberikan kontribusi besar dalam memperkuat pemahaman Islam yang toleran dan damai di tengah-tengah masyarakat yang beragam.

Kesimpulan
Kitab “Tafsir Al-Misbah” karya Quraish Shihab adalah sebuah karya besar yang memberikan pencerahan dan pemahaman yang mendalam tentang Al-Quran. Dengan pendekatan kontekstual dan bahasa yang komunikatif, kitab ini berhasil menjembatani pemahaman antara teks suci dan realitas kontemporer. Bagi siapa saja yang ingin memahami Al-Quran secara lebih mendalam, “Tafsir Al-Misbah” adalah bacaan yang sangat layak untuk dijadikan referensi.


Eksplorasi konten lain dari Khoiruna Edukasi

Mulai berlangganan untuk menerima artikel terbaru di email Anda.

Tinggalkan Balasan

Eksplorasi konten lain dari Khoiruna Edukasi

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca